Sumbangsih KAI untuk Melestarikan Budaya Sriwedari

Kamis, 23 Maret 2017 13:35


(ist)

108jakarta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk pengembangan sarana dan prasarana Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari, Kamis (16/3).

 
Bantuan senilai Rp150.000.000 diberikan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Acara yang bertempat di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari ini dibuka oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, lalu dilanjutkan sambutan Walikota Surakarta.


"Kita patut bersyukur karena warisan budaya Indonesia khususnya wayang orang masih bertahan sampai saat ini. Kita patut menjaga dan melestarikan budaya tersebut," ucap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. 


Selanjutnya Edi mengatakan, dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk kemajuan dan kelestarian kesenian wayang orang. Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PT KAI untuk melestarikan budaya Indonesia. 


“Kami beri bantuan CSR karena ini salah satu budaya yang harus dilestarikan. Jangan sampai budaya luhur ini lama-lama surut, mati. Kita harapkan bantuan ini bisa terus-menerus diberikan,” katanya lagi.


Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo berharap kedepannya pertunjukan wayang orang semakin menarik disaksikan. Saat ini, para pemain wayang orang Sriwedari dinilai masih tampil dengan keterbatasan. Rencananya, bantuan tersebut akan diprioritaskan untuk membenahi sejumlah perangkat audio di gedung pertunjukan yang terletak di Jalan Slamet Riyadi no. 275 Solo. 


"Yang jadi persoalan adalah sound system. Kita akan cari microphone yang peka biar tidak terkesan semrawut menggantung diatas, sehingga para pemain bisa leluasa memainkan perannya masing-masing,” ucap Rudy. (suh)
 


Berita Terkait
Pelatihan Simulasi Kebakaran di Aston Solo
Pemerintah Kota Batam Bangun Taman Kota Melalui CSR
Tetap Sehat dan Ceria Bersama Harris Day 2017
Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pemberian Imunisasi 
Terima Kasih Guru

Please login for commentKomentar
KecapAkhsin
banyak juga dana yang diberikan oleh KAI sebesar 150 juta mudah -mudahan bantuannya dapat perbaikan gedung kesenian ini
priyadi
kita sebagai warga indonesia harus memnjaga kelestarian budaya" kita, yangansampai di copy oleh negara" lain
Fajar
memang sekarang jarang banget orang yang mau memikirkan atau nguri uri kebudayaan daerah apalagi generasi muda kita deh
lily
sudah lama tidak nonton wayang orang ternyata masih ada semoga bisa semakin maju
emma
dukungan seperti ini harus benar2 di gunakan dengan sebaik2nya, untuk menunjang segala kebutuhan dari kebudayaan tersebut
lawangnikuhinji
lagi-lagi KAI menyumbang, sungguh perbuatan yang sangat mulia
awil
bantuan PT PAI ini moga bisa membantu perbaikan fasilitas gedung kesenian ini
suiyong
kebudayaan harus dilestarikan jangan sampai hilang.
mongi
memang sudah seharusnya seperti ini agar tidak punah kemakan waktu, setahun sekali kalau bisa lakukan kegiatan rutin
ticia
wanita nya bening bening banget. ini kesenian yang harus di lestarikan jangna sampe kesenian ini punah begitu saja. dan kegiatan ini bener bener sangat berguna dan bermanfaat
123