1.000 "Driver" Uber Dapat Donasi CSR dari BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 17 April 2017 10:47


(ist)

108Jakarta.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menyalurkan donasi CSR kepada 1.000 pengemudi ojek online, Uber, melalui Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan. Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis, mengatakan ini adalah inovasi membantu perlindungan pekerja rentan.


Ilyas menjelaskan program ini memberi perlindungan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan atau sumbangan individual. “Sejak 2016, kami sudah menyalurkan sekitar 230 ribu donasi dari banyak perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Ilyas melalui keterangan tertulis di Jakarta, Ahad, 16 April 2017.


Pekerja rentan, kata Ilyas, merupakan pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) dengan penghasilan harian. Pekerja ini rentan tidak mampu membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan. Program GN Lingkaran bisa menjadi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan sampai mereka mandiri untuk membayar sendiri.


Ilyas memastikan bakal terus membuka kesempatan kepada perusahaan untuk menyalurkan bantuan mereka melalui program GN Lingkaran. “Agar kesejahteraan bagi seluruh pekerja Indonesia dapat tercapai sesegera mungkin,” tuturnya.


Kepala Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Endro Sucahyono, menjelaskan ini bukan program yang pertama. Hingga kini, BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan pekerja angkutan: supir angkutan Koperasi Wahana Kalpika, pengemudi Grabbike, dan Uber.


Endro mengimbau seluruh pengemudi ojek online atau angkutan umum di Indonesia untuk mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. “Karena risiko pekerjaan mereka cukup tinggi,” ujarnya.


(CSR.id)

Berita Terkait
Aksi Pungut Sampah “Garbage Clean Action” Swiss-Belhotel Mangga Besar
Pertamina Kucurkan Rp 110 M Bantu 3.400 Petani Tebu di Lumajang
Bantuan untuk Pengungsi Gunung Agung
Soap For Hope dari AccorHotels Bandung
Pengemudi GO-JEK Galang Aksi Sosial untuk Pengungsi di Bali dan Padang

Please login for commentKomentar
Fajar
memang bener neh kalau mereka gak dicover bpjs mana mungkin juga mereka bayar asuransi yah
chacha
banayk sekali yah driver uber. saya pernah naik uber pelayanan dan cara mengendarai nya itu sangat nyaman banget. dari pada ojek online yang 1 lagi ngebut ngebutan mengemudinya
ThanksInfonya
enak banget tuh, nah kita kapan dapat dana csr kaya gitu yah.
mama
Dibayarin BPJS nya , lumnayan banget tuh , BPJS bagus juga programnya
lily
lumayan juga bisa disimpan sebagai tabungan di hari tua
ticia
smoag bisa lancar saat menjalankan tugas untuk para mengendara uber dan bisa menambah perangkat dalam mengendarai
bengbeng
Harus dong bagaimanapun kesejahteraan karyawan harus di utamakan biar pada loyal sama perusahaan jangan malah sebaliknya
JawaLiar
beruntung banget yah bisa mendapatkan dana donasi dari BPJS
Maman
harusnya sudah jadi standar dong kalau bpjs itu. berarti selama ini driver uber tidak ada yang memiliki bpjs atau asuransi jiwa
KangenKetring
ko hanya 1000 saja yah kan driver uber itu banyak ga cuma uber motor dan uber mobil . ga adil nih
12