Indonesia CSR Exhibition 2017: Menuju CSR yang Berkelanjutan

jumat, 18 Agustus 2017 16:02


(ist)

108jakarta.com - Corporate social responsibility (CSR) menjadi isu penting dalam menjamin kelangsungan hidup dunia usaha saat ini. 


Dunia usaha tidak akan bisa berkembang tanpa memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan sosial di mana perusahaan melakukan kegiatan operasional. Oleh karena itu, pelaksanaan CSR menjadi suatu keharusan bagi perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnis.


Penelitian yang dilakukan oleh Centre for Governance, Institutions, and Organizations National University of Singapore (NUS) Business School memaparkan rendahnya pemahaman perusahaan terhadap praktik CSR menyebabkan rendahnya kualitas pengoperasian agenda tersebut. 


Penelitian yang dilakukan di empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand ini memaparkan empat negara sampel tersebut memiliki tingkat pelaporan CSR yang tinggi, namun tidak diikuti dengan kualitas praktiknya. Kualitas praktik CSR yang jauh lebih baik diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Singapura dan Thailand dibandingkan dengan Malaysia dan Indonesia.


Dengan kualitas praktik CSR yang rendah, perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu melakukan berbagai macam upaya untuk menunaikan kewajiban menyejahterakan masyarakat di sekitar perusahaan. 


Adapun, perusahaan dengan praktik CSR berkualitas diharapkan dapat berbagi tentang pengimplementasian CSR terbaik di Indonesia sehingga dapat menjadi panutan bagi perusahaan lain.


Indonesia CSR Exhibition (ICE) 2017 digelar dalam rangka meningkatkan image, meningkatkan awareness CSR, dan media sharing perusahaan-perusahaan yang  melakukan praktik CSR di Indonesia. Di ajang yang mengusung tema Menuju CSR yang Berkelanjutan ini terdapat beberapa rangkaian acara seperti pameran, seminar, workshop, talkshow, hiburan dan lomba.


Peserta kegiatan ini terdiri dari perusahaan pelaku CSR baik PMA, perusahaan terbuka, BUMN, BUMN, dan swasta; perusahaan operator CSR; serta perusahaan binaan CSR. Kemudian acara ini akan dihadiri oleh para CEO, president director, BOD’s, corporate secretary, marketing communication executives, pegawai negeri, pegawai BUMN-BUMD, karyawan swasta, mahasiswa, pelajar, jurnalis, dan masyarakat luas.


Acara yang diadakan oleh Warta Ekonomi Group dan didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ini akan digelar pada Jumat- Minggu, 18-20 Agustus 2017 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. 


Pembukaan exhibition  akan  dihadiri  oleh  Presiden  Republik  Indonesia  Joko  Widodo  dan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar. (CSR.id)

Berita Terkait
Peduli Penderita Bibir Sumbing
Kapolresta Sidoarjo Lepas Belasan Anak Penyu ke Laut Bebas
CSR Semen Padang Raih Penghargaan di ISDA 2017
Holcim Berikan Beasiswa bagi Siswa  SD dan  SLTA
Grand Mercure Jakarta Harmoni Berikan Santunan Hewan Qurban

Please login for commentKomentar
Jakapoleng
lanjutkan CSR bisnisnya biar tambah hoot kedepannya.
Kokomkomariah
CSR memang harus terus dilanjutkan karena untuk kepentingan aktivitas bisnis di masa mendatang juga agar selalu lebih baik...
chacha
tapi intinya yang terbaik dan jangan berkelanjutannya berenti samapi disitu saja
alya
makin bagus saja nih kedepannya CSR menjadi lebih baik lagi
ticia
Untuk bisa lebih membangun bersama sama masyarakat ini, perlu diadakannya csr yang secara terus menerus, kadang sangat diperlukan perhatian khusus untuk masalah seperti ini
Samuel
Semua perusahaan memang dihimbau buat program CSR biar saling kasih berkat kepada warga sekitar
ice
setau saya emang udah dari beberapa tahun lalu membuat aturan bahwa mewajibkan csr untuk setiap perusahaan kan
Renny
bagus juga kalo csr annya sampai berkelanjutan berarti ada dananya -r-
emma
sudah saatnya perusahaan2 swasta ikut mengembangkan berbagai sektor usaha di Indonesia
Nani
Izin share ya mimin, Yuk yang mau penghasilan tambahan bisa langsung cek disini " http://bit.ly/2uFTJjW " wujudkan impian anda sekarang!!!
12