LIPI-TNI AL-Artha Graha Peduli Tanam Terumbu Karang di Pulau Pari

Rabu, 30 Agustus 2017 11:17


(ist)

108Jakarta.com - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) bekerja sama dengan Artha Graha Peduli (AGP) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar karya bakti dan bakti sosial penanaman terumbu karang di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Kegiatan yang dilaksanakan pada 25 hingga 27 Agustus itu untuk menyambut Hari Hidrografi Sedunia.


“Sebagai upaya pelestarian trumbu karang, LIPI bersama masyarakat telah membangun area perlindungan laut (APL) yang berada di sisi bagian selatan kepulauan seribu yang kondisinya masih memperhatinkan, nantinya tempat ini akan dijadikan sebagai area konservasi, “ ujar peneliti terumbu karang LIPI, Rikoh Manogar.


Tim penyelam Artha Graha Peduli Pengamanan, Yusuf Laporosi, merasa sangat terhormat dapat menjadi bagian penanaman terumbu karang di Kepulauan Seribu. “Kegiatan ini diharapkan dapat menyelamatkan biota laut yang ada di sini,” kata Yusuf.


Kegiatan ini mendapat apresiasi besar dari Laksamana Muda TNI Harjo yang menyatakan penyelamatan terumbu karang merupakan upaya TNI Angkatan Laut membantu program pemerintah dalam melestarikan trumbu karang. 
Selain melaksanakan tugas pokok TNI AL, Pusat Hirografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (PUSHIDROSAL) memiliki tuntutan untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). "Salah satu wujud nyatanya adalah melaksanakan karya bakti dan bakti sosial di Pulau Jawa, Kepulauan Seribu, seperti yang sedang kita lakukan sekarang ini,” kata dia.


Adapun kegiatan sosial lainnya meliputi pengobatan umum gratis, perawatan gigi, sunatan massal, pembagian sembako kepada lansia dan anak yatim, serta bantuan alat-alat olah raga kepada remaja Bahari.


(CSR.id)

Berita Terkait
Jadilah Pahlawan Lingkungan
Aston Imperial Bekasi Sumbangkan 300 Bibit Pohon
Kaumy DKI Jakarta Peduli Nasib Anak Penderita  Penyakit Jantung Bawaan
Bakti Sosial Donor Darah
Daihatsu Peduli Thalasaemia

Please login for commentKomentar
akhsin
kegiatan yang bagus sekali buat lautan indonesia yang ditanami terumbu karang,harus dijaga dan dilestarikan terumbu karangnya jangan sampai rusak terumbu karangnya
SatpamMeikarta
yang begini nih yang bagus kalo bisa sih terus diadakan yg sperti ini tuh berguna banget kedepannya
Ibnu
Akan semakin indah dengan adanya penanaman terumbu karang dilaut kita, harus dijaga dengan baik jangan sampai rusak.
Haries
Kegiatan ini sangat positif jika dilakukan di beberapa daerah, pasalnya terumbu karang akan terjaga dengan baik
Fajar
begitu dong kalau memang ada kepedulian tanaman terumbu karang bisa terus berkembang
FAHTORI
Memang harus seperti ini dalam rangka menjaga kelestarian dan kekayaan terumbu karang kelautan kita
KaroKalemCuy
Kegiatan yang bagus untuk kelestarian alam di Indonesia, terus lakukan hal hal yang menjaga dan melestarikan alam Indonesia. Agar anak cucu kita dapat menikmati indahnya alam indonesia.
novel
Makin lestari dah alam khususnya lingkungan laut kita dgn adanya penanaman terumbu karang gitu dan harus tetap di jaga jgn sampai rusak apalagi hilang
pakaihatidong
ini yang di bilang kegiatan positif yang mungkin akan bermanfaat di kemudian hari untuk laut indonesia.
Kokomkomariah
Bukan hanya di darat , untuk menyelamatkan lingkungan di laut pun perlu di lakukan , seperti terumbu karang ini juga harus di lestarikan supaya ikan makin banyak karena tempat tinggalnya jadi lebih baik....
12