Pertamina Kucurkan Rp 110 M Bantu 3.400 Petani Tebu di Lumajang

Kamis, 12 Oktober 2017 14:18


(ist)

108Jakarta.com - Saluran dana pinjaman kemitraan sebesar Rp 110 Milyar telah diberikan PT Pertamina (Persero) kepada 3.400 orang mitra petani tebu binaan PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI). Penyaluran tersebut secara simbolis diserahkan oleh VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud kepada Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari bersama perwakilan kelompok tani tebu di Pabrik Gula Jatiroto, pada Rabu (11/10).


"Melalui kerja sama sinergi penyaluran dana Program Kemitraan BUMN pembina ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Kemitraan BUMN dan meningkatkan pendapatan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya," ujar Ahus Mashud, Kamis (12/10).


Agus menjelaskan, kerja sama sinergi pada Masa Tanam 2017/2018 akan berlangsung selama 14 bulan, dari proses tanam dan garap sampai dengan Proses TMA (Tebang, Muat dan Angkut), diakhiri hingga proses pemotongan hasil panen oleh PTPN XI terhadap Petani Gula sebagai bagian dari proses collecting untuk pengembalian pinjaman Program Kemitraan terhadap Pertamina.


Penyaluran dana tersebut akan dilakukan selama 4 tahap, direncakan dalam tahap awal akan disalurkan sebesar Rp 10 miliar, tahap kedua Rp 40 milyar, tahap ketiga Rp 30 miliar dan tahap keempat Rp 30 miliar sehingga total sebesar Rp 110 miliar. "Kami berharap akan selesai di akhir bulan Desember 2017 dan penyaluran dana program kemitraan tersebut dapat maksimal diserap oleh Petani Tebu, sesuai dengan musim hujan sehingga bisa memaksimalkan periode tanam dan garap," tutur Agus.


Direktur Komersial PTPN XI Flora Pudji Lestari memaparkan, penyaluran pinjaman dana kemitraan Pertamina sebagai BUMN Pembina kepada PTPN XI merupakan peran BUMN Penyalur yang menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan pendapatan petani tebu rakyat yang dapat menghindarkan mereka dari para rentenir.


Program kemitraan ini juga menjadi wujud kepedulian Pertamina dan PTPN XI sebagai BUMN untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya serta dalam mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan Pemerintah, ujarnya.


Tahun 2016 program kemitraan serupa juga telah berhasil disalurkan Pertamina kepada petani tebu di wilayah kerja PTPN X sebesar Rp 69 miliar pada periode masa tanam 2016/2017.


(CSR.id)

Berita Terkait
Pelatihan Simulasi Kebakaran di Aston Solo
Pemerintah Kota Batam Bangun Taman Kota Melalui CSR
Tetap Sehat dan Ceria Bersama Harris Day 2017
Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pemberian Imunisasi 
Terima Kasih Guru

Please login for commentKomentar
Fajar
semoga saja bantuanya bisa bermanfaat dan dipergunakan petani tebu dengan baik
lotuse
SEMOGA DAPAT MENAMBAH KEMAKMURAN MASYARAKAT DAN MENSEJAHTRAKAN NEGARA
Kokomkomariah
mudah2an dgn adanya peminjaman dana tersebut dpt memberikan peluang kpd para petani tebu utk terus menghasilan tebu yg banyak dgn kualitas yg semakin baik...
Arif
Bagus sekali program nya,jadi membantu petani tebu buat menanam lebih banyak lagi
ticia
cukup besar juga bantuan yang diberikan ini. dimanfaatkan dengan baik momen ini, jangan di korupsi bantuan ini
pakaihatidong
keren nih bantuan yang amat membantu bagi petani tebu di lumajang.tetapi dana tersebut harus di awasi untuk tidak salah sasaran.
dheshe
semoga dana yang dikucurkan untuk petani tebu bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya
KaroKalemCuy
Mudah mudahan dengan dana segitu petani tebu bisa menfaatkannya dengan sebaik mungkin, agar panen yang dihasilkan pun berkualitas. Sehingga ekonomi para petnai tebu meningkat.
Samuel
salut sama pertamina yang tetap memperhatikan nasib petani tebu untuk tetap bisa menanam tebu dengan kualitas yang bagus
YankeeOH
dengan adanya bantuan dari PT.pertamina para petani lumanjang pastinya sangat bersyukur ,karna bantuannya sangat membantu untuk membeli bahan bahan pertanian
12